Mengenai cara menggunakan Emulator PS1, saya hanya memakai ePSXe v1.6.0 (anda dapat memakai versi diatasnya). Sebenarnya judul yang cocok untuk posting ini adalah "Cara menjalankan file NRG(file image hasil copy-an CD dengan Nero Burning ROM) di ePSXe". Berhubung artikel sudah lama, jadi biarkan sajalah... Langsung saja beginilah tampilan awal dari ePSXe ver 1.6.0


Mengenai settingan, saya akan menampilkan gambar dari konfigurasinya.

1. Untuk Video Plugin, klik Config => Video, lalu pilih video pluginnya dan klik OK. (Video Plugin yang saya pakai adalah Pete's DX6 D3D Drivers 1.76), pilihlah Video Plugin yang sesuai dengan settingan ePSXe di komputer anda. Pilihan terbaik adalah dengan mencoba satu per satu Video Plugin tersebut.
Berikut gambarnya :

2. Untuk Sound Plugin, klik Config => Sound, lalu pilih sound pluginnya dan klik OK. Berikut gambarnya :


3. Untuk CD-ROM atau DVD-ROM. Klik Config => Cdrom, lalu pilih cdrom pluginnya dan klik ok . Berikut gambarnya :


4. Untuk BIOSnya. Klik Config => Bios, lalu klik select, cari di folder dimana BIOS anda tempatkan lalu klik OK.
Berikut gambarnya :


5. Untuk Control. Klik Config => GamePad =>Pad1 atau Pad2 (untuk controller ps kedua). Setinglah dengan klik textbox dan tekan tombol keyboard atau tombol GamePad untuk menggantinya. Berikut gambarnya :


6. Agar tidak membebani CD-ROM anda, lebih baik memainkannya pakai Virtual disk ketimbang langsung pakai CD-ROM. Untuk membuat virtual disk anda perlu membuat file image dari CD PS1 anda yang dapat disimpan di harddisk anda. Kali ini saya memakai NERO, anda dapat memakai CD Tools sejenis lainnya yang anda kuasai. Masukkan CD PS1 anda, kemudian dengan memakai NERO, anda tinggal pilih option Save Tracks pada NERO. Pilih folder tempat menyimpan. Lalu klik Go. Nero membentuk file CD-Image(.NRG). Agar lebih jelas lihat Bab 3 : Membuat CD – Image untuk ePSXe

7. Agar virtual disk dapat berjalan, kita pakai Daemon Tools atau Alcohol atau lainnya. Virtual Disk akan membuat seakan akan anda mempunya CD-ROM, tetapi hanya virtual. Saya asumsikan memakai Daemon Tools. Install Daemon Tools, lalu buka programmnya. Tampillah ikon di system tray. Klik kanan lalu Virtual CD/DVD-ROM, lalu pilih Device 0 : [F:] No Media. Lihat gambar :

Lalu klik Mount Image, lalu cari file image CD PS1 yang telah dibuat tadi. Lalu klik open. Tunggu sebentar. (Terlihat ada 3 file image pada gambar dibawah, itu artinya saya sudah membuat tiga game PS1 yang berbeda. Yang no.1 Harvest Moon, 2. Jackie Chan, 3.Wild 9. Jadi tinggal pilih file game (file image)nya saja.)

8. Lalu kembali ke ePSXe, Klik Config => Cdrom, lalu pilih cofigure dan klik Ok. Karena Daemon Tools tadi membuat CD-Rom virtual dengan Letter [;F] maka pilihlah letter sesuai yang Daemon Tools buat dikomputer anda. Berikut gambarnya :

9. Keluarkan segala CD atau DVD yang ada di CD/DVD-ROM anda. Lalu kembali ke ePSXe, klik menu File => Run CDROM. Selamat Bermain.


Kalau dirasa cara ini cukup ribet cobalah membuat file (.ISO) dengan ImgBurn, dengan file ISO anda tidak perlu setting configurasi CD-ROM pada ePSXe. Cukup jalankan file ISO-nya dengan cara klik File lalu Run ISO. Untuk cara membuat file (.ISO) baca juga

Bab 5 : Membuat file img, bin atau iso

ePSXe sudah release versi 1.9.0 Silahkan download dari situs resminya...
monggo dicoba...

download[4]

12 Responses and Comments.

  1. Anonim says:

    maap nih gan numpang tanya...
    yang poin nomer 6 tu maksudnya masukkin CD harvest moon nya?
    trus kalo CD harvest moon nya ga ada gimana gan?

  2. R8key says:

    maap ya sblmx klo postingx kurang jlas... Point 6 dn 7 bisa diabaikan kok lngsung kepoint 8 aja... tuu tnggal masukin kaset trus pilih drive cdrom mu sob...

  3. Anonim says:

    makasih gan...nais infoh...heheheh......

  4. Anonim says:

    maaf gan... kemaren aq nyobain BAB. 4 tapi pas pilihan run ISO kan ada peringatan terus klik OK pas mau milih ternyata kosong g ada pilihannya, re abort g bisa, setelah saya restart ternyata psx g bisa d pake lagi minta convig-> veido... mohon bantunannya gan... please... :)

  5. Anonim says:

    sya tdi ke BAB 4 bisa gk pke Run Iso?

  6. R8key says:

    Tutor diatas adlh mnggunakan file image dari nero yg berextensi (.NRG)
    jadi hrus pake virtual drive kya daemon tool atw alcohol 120%

    Run ISO itu buat buka file image yg berextensi (.ISO/ .BIN)
    Main pke ISO lbh simple tinggal buka aja file ISOnya, lngsung main dehh...
    cara buat file ISO/BIN ada di BAB 5...

  7. Anonim says:

    Gmn cranya masukin cd lain atw game iso lain pas lagi main?
    soalnya kalo main monster rancher(monster farm) itu penting bgt

  8. Latifa Phaa says:

    Untuk BIOS-nya kan kita select. Nah, bios itu yg mana?

  9. lukman hakim says:

    klo cara ngesave nya bagaimana

  10. lukman hakim says:

    ayo jawab pliesssss

  11. ridho nadera says:

    gan ?? koq waktu aku buka game gagal terus ya
    mau masuk gtu langsung kluar2 sendiri
    mohon bantuanya

  12. R8key says:

    Sorry balasnya lama, soalnya sibuk kuliah.. link download saya arahkan ke situs resminya... buat file biosnya bisa cari di indowester/ om goole uda banyak...

    Buat anomymous:
    kalo buat main monster rancer aku belum pernah coba soalnya gak punya kasetnya... ni aku dapet caranya diyoutube.. smoga bisa membantu..
    http://www.youtube.com/watch?v=NrS6S0-665s

    Buat Latifa:
    untuk biosnya ada difolder epsxe/Bios, tapi kalo donwload disitus resminya pasti tuh folder kosong.. soalnya bios itu resmi punya perusahaan Sony jadi ilegal kalo dikopi... cari aja epsxe di indowebster yang lengkap sama biosnya.. uda banyak kok yang share...

    Buat Lukman:
    ngesave seperti biasa kaya main di PS1 beneran.. kan tinggal save digamenya.. nanti memory carnya jadi virtual file di folder epsxe/memcards.. buat epsxe yang lengkap silahkan cari di indowester uda banyak yang share kok..

    Buat Ridho:
    kalo gagal itu bnyak kemungkinan, bisa salah konfigurasinya bisa korup file yang kamu download... dicoba atur ulang konfigurasinya.. kalo gagal kamu coba downlaod epsxe yang baru.. kalo uda download baru masih gagal juga berarti kemungkinan besar salah atur konfigurasinya...

Leave a Reply

Accessories

Forum BBM Group

Jika anda masih kurang jelas dengan posting-posting diblog ini, anda bisa bertanya jawab di Group BBM langsung dari Admin.

Silahkan Scan Barcode diatas ini dengan perangkat BlacBerry anda.

Followers

Subscribe

Enter your email address:

Untuk anda yang ingin berlangganan artikel dari blog ini silahkan masukan e-mail anda, siapapun yang berlangganan akan dikirim e-mail pemberitahuan bila ada artikel baru.

(Jangan lupa konfirmasikan email anda)

Popularity

free counters







Attention

Maaf blogger masih dalam perbaikan... karena terjadi banyak missing link dan picture pada template.