PSX Emulator

Emulator PSX adalah salah satu emulator paling populer di Indonesia, mungkin sampai terciptanya emulator PS2 yang bisa menjalankan game-game komersial. Perkembangan emulator ini sendiri diawali oleh sepasang emulator bernama PSemu Alpha dan Beta, yang keduanya dibedakan oleh kartu grafis yang dipakai. Saat ini sudah terdapat belasan emulator PSX, baik yang telah mati, dihentikan perkembangannya atau masih dikembangkan.
Berikut adalah beberapa emulator yang ada. Aku tak memasukkan beberapa emulator seperti PSemu Alpha dan Beta (karena kurangnya info), juga emulator yang terhenti sebelum bekerja dengan baik (seperti halnya 4EverPSX atau Jackal).



AdriPSX
Salah satu emulator PSX yang sedang dan terus berkembang, dibuat oleh Roor Makurosu. Versi terakhir adalah versi 1.0.5 ILE. Meski dari segi kecepatan cukup bagus dan tak memerlukan banyak plugin seperti emulator lain, namun dari segi kompabilitas AdriPSX agak tertinggal dari emulator lain. Lihat link situsnya di http://ngemu.com
Bleem!
Salah satu emulator komersial pertama, juga salah satu emulator pertama yang punya tingkat kompabilitas cukup tinggi pertama. Perkembangan emulator ini terhenti seiring berhentinya Bleem LLC. Versi terakhir yang ada adalah versi 1.5. Nampaknya tak bekerja pada Prosesor Pentium IV.
ePSXe
Dikembangkan berbasis PSemu Pro oleh 3 programmer bernick calb, Galtor and _Demo_, versi terakhirnya adalah versi 1.52. Bisa dikatakan ePSXe adalah salah satu emulator PSX terbaik sampai saat ini. Homepage : http://epsxe.com
FPSE
Masih dikembangkan berbasis PSEmu Pro, versi terakhir adalah 0.9.
PCSX
Dikembangkan oleh Shadow dan Linuzapps, programmer yang kini tengah mengembangkan PCSX2. Sama-sama dikembangkan berbasis PSemu Pro, sepintas PCSX sangat mirip dalam hal kemampuan, fitur dan tampilan. Namun PCSX memerlukan plugin lebih banyak dari ePSXe, dan juga sedikit lebih rumit dalam hal setting. Satu kelebihan PCSX adalah ia tak memerlukan bios PSX, karena ia juga bisa menggunakan internal HLE bios. Versi terakhir adalah versi 1.4. Homepage : http://pcsx.net
PSemu Pro
Pengembangan dari PSemu. Meski emulator ini bisa dibilang mati, namun sejumlah emulator PSX yang ada saat ini sebagian besar merupakan pengembangan dari emulator ini. PSemu menggunakan plugin yang sama dengan sebagian besar emulator lain.
PSinex
Emulator lain yang dikembangkan berbasis PSemu Pro oleh psychojak, versi terakhirnya adalah versi Revision 0.5. Bekerja cukup baik dan cukup stabil, memerlukan cukup banyak plugin seperti halnya PCSX.
PSXeven
Emulator terbaru yang kembali dikembangkan berbasis PSemu Pro oleh Xeven, programmer asal Filipina. Emulator ini sempat dihentikan perkembangannya pada versi 1.3 WP, namun belakangan Xeven kembali merilis versi berikutnya. Versi terbaru sampai saat aku menulis artikel ini adalah versi 1.6.
Connetix Virtual Game Station (CVGS)
Emulator komersial kedua dengan tingkat kompabilitas yang jauh lebih baik dari Bleem!. Namun sejak Connetix dibeli oleh Sony, perkembangan emulator ini praktis terhenti. Nampaknya tak bekerja pada Prosesor Pentium IV, kecuali jika menggunkan patch.

Leave a Reply

Accessories

Forum BBM Group

Jika anda masih kurang jelas dengan posting-posting diblog ini, anda bisa bertanya jawab di Group BBM langsung dari Admin.

Silahkan Scan Barcode diatas ini dengan perangkat BlacBerry anda.

Followers

Subscribe

Enter your email address:

Untuk anda yang ingin berlangganan artikel dari blog ini silahkan masukan e-mail anda, siapapun yang berlangganan akan dikirim e-mail pemberitahuan bila ada artikel baru.

(Jangan lupa konfirmasikan email anda)

Popularity

free counters







Attention

Maaf blogger masih dalam perbaikan... karena terjadi banyak missing link dan picture pada template.